Profil Sulawesi Utara


Secara geografis Provinsi Sulawesi Utara terletak antara 00o15 51 - 05o34 06 Lintang Utara dan antara 123o07 00 - 127o10 30 Bujur Timur.



-Disebelah Utara yang berbatasan dengan Laut Sulawesi, Republik Philipina dan Laut Pasifik
-Sebelah timur berbatsan dengan Laut Maluku.
-sebelah Selatan berbatasan dengan Teluk Tomini dan
-Sebelah Barat berbatasan dengan Provinsi Gorontalo.


Provinsi Sulawesi Utara secara administratif terdiri dari 11 kabupaten dan 4 kota. Kabupaten Bolaang Mongondow merupakan wilayah terluas dengan luas 3.547,49 km2 atau 23,22 dari wilayah Sulawesi Utara dan Kota Tomohon merupakan wilayah dengan luas terkecil dengan 147,11 Km2 (0,98%). Di Sulawesi Utara terdapat 41 gunung yang terletak pada beberapa kabupaten/kota. Sedangkan jumlah danau tercatat ada sebanyak 17 danau dan jumlah sungai yang mengaliri wilayah Sulawesi Utara sebanyak 30 sungai. Luas Wilayah Sulawesi Utara tercatat 15.273,10 km2 (luas ini memang mengalami perubahan karena dihitung dengan menggunakan peta rupa bumi skala 1 : 50.000) yang meliputi sebelas kabupaten dan empat kota.

Struktur ekonomi Provinsi Sulawesi Utara pada tahun 2011 didominasi sektor Pertanian (18,21%), Jasa (15,13 %) dan Perdagangan (17,45%).

Komoditi unggulan Provinsi Sulawesi Utara adalah Sektor pertanian komoditi unggulannya adalah jagung, kedelai, ubi kayu dan ubi jalar. Sektor perkebunan dengan komoditi unggulannya kelapa, kakao, pala, cengkeh, jambu mete, lada dan kopi . Sektor perikanan komoditi unggulannya Perikanan Tangkap, Budidaya Laut, Budidaya Keramba, Budidaya Kolam, Budidaya Tambak, Budidaya Sawah. Sedangkan sektor jasa komoditi unggulannya adalah Wisata Alam dan Wisata Budaya..

Provinsi Sulawesi Utara memiliki beberapa sarana penunjang kegiatan ekonomi. Untuk jalur transportasi udara, terdapat 4 bandara yang tersebar di beberapa kota/kabupaten, antara lain Bandara Melongguane, Bandara Naha, Bandara Mopait dan Bandara Sam Ratulangi yang terletak di Kota Manado dan juga menjadi bandara utama. Bandara ini melayani rute penerbangan domestik dan internasional. Di Provinsi ini juga terdapat dua jalan, Yaitu jalan Negara dan Jalan Provinsi dengan panjang jalan negara adalah 1.267,39km dan Panjang jalan Provinsi adalah 1.524,19 km. Untuk jalur transportasi laut, terdapat 3 pelabuhan laut utama yaitu Pelabuhan Laut Labuhan Uki, Manado, dan Bitung yang juga sekaligus sebagai pelabuhan penyeberangan. Untuk sektor industri, Provinsi Sulawesi Utara memiliki Bitung Industrial Estate, suatu kawasan industri di Kota Bitung yang diharapkan mampu menambah daya tarik bagi calon investor.

0 comments:

 
Sulawesi Utara © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions